Rabu, 23 Januari 2008

ANEKA TIPS DAPUR


1. MENGHILANGKAN BAU PADA LARUTAN CUCI PIRING ANDA

Penyebab bau adalah spons cuci Anda yang dibiarkan terendam dalam larutan sabun cuci untuk waktu yang lama, sehingga bakteri dari sisa makanan Anda bebas berkembang biak. Selesai dipakai, spons harus selalu dicuci bersih dan dikeringkan. Dan jangan sekali-kali membiarkan spons cuci Anda terendam dalam larutan sabun cuci Anda untuk waktu yang lama, seperti ditinggalkan semalaman.

2. TAHAPAN MENCUCI PIRING

Agar pekerjaan mencuci piring lebih cepat dan lebih bersih, ada beberapa tahap yang perlu dilakukan. Pertama buang / sisihkan dahulu semua sisa makanan dari perangkat makan atau masak Anda. Kemudian rendam perabot tersebut dalam air. Cucilah dahulu yang paling tidak kotor, seperti gelas dan sendok garpu. Kemudian piring makan dan mangkuk. Cucilah yang paling akhir panci, penggorengan, dan peralatan masak lainnya.
3. SULIT MEMBERSIHKAN BLENDER?

Masukkan campuran air hangat dan beberapa tetes Sunlight ke dalam blender/food processor. Nyalakan blender/food processor selama beberapa menit. Buang air bekas cucian, cuci dengan Sunlight dan bilas seperti biasa.

4. AGAR PERALATAN MASAK STAINLESS STEEL TIDAK BERNODA AIR.
Selalu cuci dengan campuran Sunlight dan air hangat. Gunakan spons lembut untuk menggosok. Langsung keringkan menggunakan lap kain bersih

5. MEMBERSIHKAN SISA MAKANAN MENEMPEL KERING DI PIRING

Jangan dicungkil atau digosok memakai sabut kasar, sebab goresannya akan mengurangi keindahan piring. Rendam saja di dalam larutan Sunlight dengan air hangat, dan cuci seperti biasa.

6. BAK CUCI PIRING ANDA KUSAM?
Dari stainless steel, campur rata ¼ cangkir Sunlight cair, ¼ cangkir pemutih, 2 sdm amoniak, 2 sdm air. Gunakan kain lembut untuk menggosok dengan larutan ini, lalu bilas. Kemudian bersihkan dengan Sunlight, lalu bilas kembali. Untuk bak dari porselen, bersihkan saja dengan pasta yang terbuat dari asam sitrun dan air.

7. MEMBERSIHKAN LEBIH CEPAT PERANGKAT PLASTIK BERMINYAK

Agar proses mencuci lebih cepat, rendam seluruh perangkat makan plastik dalam air panas. Lalu cuci dengan Sunlight Cair seperti biasa. Kemudian bilas dalam air yang telah dituangi beberapa tetes cuka.

8. MERAWAT LEMARI DAPUR

Lemari dapur sering terlewat waktu kita bersih-bersih. Padahal kalau tidak dirawat selain acak-acakan, juga akan berbau pengap. Karena itu sebaiknya langkah-langkah di bawah ini sering dilakukan:

(1) Buka, keluarkan semua wadah bumbu dan angin-anginkan
(2) Gunakan Sunlight cair dengan spons lembut untuk membersihkan seluruh bagian dalam
lemari dapur
(3) Buang bumbu-bumbu yang tidak terpakai
(4) Bersihkan dan cuci semua wadah bumbu, kemudian keringkan
(5) Atur kembali ke dalam lemari dapur

9. MEMBERSIHKAN LAPISAN VINIL MEJA DAPUR.

Kalau tidak hati-hati, vinil mudah tergores. Untuk membersihkannya perlu campuran bahan khusus. Campur ¼ cangkir Sunlight cair, ½ cangkir baking soda, dan 2 cangkir air hangat. Basahi kain bertekstur kasar dengan larutan tersebut, dan lap permukaan meja vinil Anda. Kemudian bilas bersih dan keringkan.

1 komentar:

Anonim mengatakan...

bener deh.........siiiipppppppp